Awal Kota dan bandar makassar berada di muara sungai Tallo
dengan pelabuhan niaga kecil di wilayah itu pada penghujung abad
XV. Sumber-sumber Portugis memberitakan, bahwa bandar Tallo itu
awalnya berada dibawah Kerajaan Siang di sekitar Pangkajene, akan
tetapi pada pertengahan abad XVI, Tallo bersatu dengan sebuah
kerajaan kecil lainnya yang bernama Gowa, dan mulai melepaskan diri
dari kerajaan Siang, yang bahkan menyerang dan menaklukan
kerajaan-kerajaan sekitarnya. Akibat semakin intensifnya kegiatan
pertanian di hulu sungai Tallo, mengakibatkan pendangkalan
sungai Tallo, sehingga bandarnya dipindahkan ke muara sungai
Jeneberang, disinilah terjadi pembangunan kekuasaan kawasan
istana oleh para ningrat Gowa-Tallo yang kemudian membangun
pertahanan benteng Somba Opu, yang untuk selanjutnya seratus
tahun kemudian menjadi wilayah inti Kota Makassar. |
|
|
| Pada
masa pemerintahan Raja Gowa XVI ini didirikan pula Benteng
Rotterdam di bagian utara, Pemerintahan Kerajaan masih dibawah
kekuasaan Kerajaan Gowa, pada masa itu terjadi peningkatan
aktifitas pada sektor perdagangan lokal, regional dan
Internasional, sektor politik serta sektor pembangunan fisik
oleh kerajaan. Masa ini merupakan puncak kejayaan Kerajaan
Gowa, namun selanjutnya dengan adanya perjanjian Bungaya menghantarkan
Kerajaan Gowa pada awal keruntuhan. Komoditi ekspor utama
Makassar adalah beras, yang dapat ditukar dengan rempah-rempah
di Maluku maupun barang-barang manufaktur asal Timur Tengah,
India dan Cina di Nusantara Barat. Dari laporan Saudagar
Portugal maupun catatan-catatan lontara setempat, diketahui
bahwa peranan penting Saudagar Melayu dalam perdagangannya
yang berdasarkan pertukaran surplus pertanian dengan
barang-barang impor itu. Dengan menaklukkan kerajaan¬kerajaan
kecil disekitarnya, yang pada umumnya berbasis agraris pula,
maka Makassar meningkatkan produksi komoditi itu dengan
berarti, bahkan, dalam menyerang kerajaan-kerajaan kecil
tainnya, para ningrat Makassar bukan hanya menguasai kawasan
pertanian lawan-tawannya itu, akan tetapi berusaha pula untuk
membujuk dan memaksa para saudagar setempat agar berpindah ke
Makassar, sehingga kegiatan perdagangan semakin terkonsentrasi
di bandar niaga baru itu. |
|
|
Dalam
hanya seabad saja, Makassar menjadi salah satu kota niaga
terkemuka dunia yang dihuni lebih 100.000 orang (dan dengan ini termasuk
ke-20 kota terbesar dunia Pada zaman itu jumlah penduduk
Amsterdam, kota terbesar musuh utamanya, Belanda, baru mencapai
sekitar 60.000 orang) yang bersifat kosmopolitan dan
multikultural. Perkembangan bandar Makasar yang demikian pesat
itu, berkat hubungannya dengan perubahan¬-perubahan pada tatanan
perdagangan internasional masa itu. Pusat utama jaringan
perdagangan di Malaka, ditaklukkan oleh Portugal pada tahun 1511,
demikian di Jawa Utara semakin berkurang mengikuti kekalahan
armada lautnya di tangan Portugal dan pengkotak-kotakan dengan
kerajaan Mataram. Bahkan ketika Malaka diambil-alih oleh Kompeni
Dagang Belanda VOC pada tahun 1641, sekian banyak pedagang Portugis
ikut berpindah ke Makassar. |
|
Sampai pada pertengahan pertama abad ke-17, Makassar
berupaya merentangkan kekuasaannya ke sebagian besar
Indonesia Timur dengan menaklukkan Pulau Selayar dan sekitarnya,
kerajaan-kerajaan Wolio di Buton, Bima di Sumbawa, Banggai
dan Gorontalo di Sulawesi bagian Timur dan Utara serta mengadakan
perjanjian dengan kerajaan-kerajaan di Seram dan pulau-pulau
lain di Maluku. Secara internasional, sebagai salah satu bagian
penting dalam Dunia Islam, Sultan Makassar menjalin hubungan
perdagangan dan diplomatik yang erat dengan kerajaan¬-kerajaan
Banten dan Aceh di Indonesia Barat, Golconda di India dan
Kekaisaran Otoman di Timur Tengah.
Hubungan
Makassar dengan Dunia Islam diawali dengan kehadiran Abdul
Ma'mur Khatib Tunggal atau Dato' Ri Bandang yang berasal dari
Minangkabau Sumatera Barat yang tiba di Tallo (sekarang
Makassar) pada bulan September 1605. Beliau mengislamkan Raja
Gowa ke-XIV I¬MANGNGARANGI DAENG MANRABIA dengan gelar SULTAN
ALAUDDIN (memerintah 1593-1639), dan dengan Mangkubumi I-
MALLINGKAANG DAENG
MANYONRI KARAENG
KATANGKA yang juga sebagai Raja Tallo. Kedua raja ini, yang
mulai memeluk Agama Islam di Sulawesi Selatan. Pada tanggal 9
|
|
Nopember
1607, tepatnya hari Jum’at, diadakanlah sembahyang Jum’at
pertama di Mesjid Tallo dan dinyatakan secara resmi penduduk
Kerajaan Gowa-Tallo tetah memeluk Agama Islam, pada waktu
bersamaan pula, diadakan sembahyang Jum’at di Mesjid
Mangallekana di Somba Opu. Tanggal inilah yang selanjutnya diperingati
sebagai hari jadi kota Makassar sejak tahun 2000, yang
sebelumnya hari jadi kota Makassar jatuh pada tanggal 1 April. |
|
|
| Para ningrat Makassar dan rakyatnya dengan giat ikut
dalam jaringan perdagangan internasional, dan interaksi
dengan komunitas kota yang kosmopolitan itu me¬nyebabkan sebuah
"creative renaissance" yang menjadikan Bandar Makassar salah
satu pusat ilmu pengetahuan terdepan pada zamannya. Koleksi
buku dan peta, sesuatu yang pada zaman itu masih langkah di
Eropa, yang terkumpul di Makassar, konon merupakan salah satu
perpustakaan ilmiah terbesar di dunia, dan para sultan tak
segan-segan memesan barang-barang paling mutakhir dari seluruh
pelosok bumi, termasuk bola dunia dan teropong terbesar pada
waktunya, yang dipesan secara khusus |
dari
Eropa. Ambisi para pemimpin Kerajaan Gowa-Tallo untuk semakin
memper-luas wilayah kekuasaan serta persaingan Bandar
Makassar dengan Kompeni Dagang Belanda VOC berakhir dengan
perang paling dahsyat dan sengit yang pernah dijalankan Kompeni.
Pasukan Bugis, Belanda dan sekutunya dari Ternate, Buton dan
Maluku memerlukan tiga tahun operasi militer di seluruh kawasan
Indonesia Timur. Baru pada tahun 1669, akhirnya dapat
merata-tanahkan kota Makassar dan benteng terbesarnya, Somba
Opu. |
|
|
Bagi Sulawesi Selatan, kejatuhan Makassar di tangan
federasi itu merupakan sebuah titik balik yang berarti Bandar
Niaga Makassar menjadi wilayah kekuasaan VOC, dan beberapa
pasal perjanjian perdamaian membatasi dengan ketat kegiatan
pelayaran antar-pulau Gowa-Tallo dan sekutunya. Pelabuhan
Makassar ditutup bagi pedagang asing, sehingga komunitas saudagar
hijrah ke pelabuhan-pelabuhan lain.
Pada beberapa dekade pertama setelah pemusnahan kota dan
bandar Makassar, penduduk yang tersisa membangun sebuah pemukiman
baru di sebelah utara bekas Benteng Ujung Pandang; benteng
pertahanan pinggir utara kota lama itu pada tahun 1673 |
|
ditata
ulang oleh VOC sebagai pusat pertahanan dan pemerintahan dan
diberi nama barunya Fort Rotterdam, dan 'kota baru' yang mulai
tumbuh di sekelilingnya itu dinamakan 'Vlaardingen'.
Pemukiman itu jauh lebih kecil daripada Kota Raya Makassar
yang telah dihancurkan. Pada dekade pertama seusai perang,
seluruh kawasan itu dihuni tidak lebih 2.000 jiwa; pada
pertengahan abad ke-18 jumlah itu meningkat menjadi sekitar
5.000 orang, setengah di antaranya sebagai budak. |
|
|
| Selama dikuasai VOC, Makassar menjadi sebuah kota yang
tertupakan. “Jan Kompeni” maupun para penjajah kolonial pada
abad ke-19 itu tak mampu menaklukkan jazirah Sulawesi Selatan
yang sampai awal abad ke-20 masih terdiri dari selusinan
kerajaan kecil yang independen dari pemerintahan asing, bahkan
sering harus mempertahankan diri terhadap serangan militer
yang ditancurkan kerajaan-kerajaan itu. Maka, 'Kota Kompeni'
itu hanya berfungsi sebagai pos pengamanan di jalur utara
perdagangan rempah-rempah tanpa hinterland - bentuknya pun
bukan 'bentuk kota', tetapi suatu aglomerasi kampung-kampung
di pesisir pantai sekeliling Fort Rotterdam. |
Pada
awalnya, kegiatan perdagangan utama di beras Bandar Dunia ini
adalah pemasaran budak serta menyuplai beras kepada
kapal¬kapal VOC yang menukarkannya dengan rempah-rempah di
Maluku. Pada tahun 30-an di abad ke-18, pelabuhan Makassar
dibuka bagi kapal-kapal dagang Cina. Komoditi yang dicari para
saudagar Tionghoa di Sulawesi, pada umumnya berupa hasil laut
dan hutan seperti teripang, sisik penyu, kulit kerang, sarang
burung dan kayu cendana, sehingga tidak dianggap sebagai langganan
dan persaingan bagi monopoli jual-beli rempah-rempah dan kain
yang didirikan VOC. |
|
|
| Sebaliknya, barang dagangan Cina, Terutama porselen
dan kain sutera, dijual para saudagarnya dengan harga yang
lebih murah di Makassar daripada yang bisa didapat oleh
pedagang asing di Negeri Cina sendiri. Adanya pasaran baru
itu, mendorong kembali aktivitas maritim penduduk kota dan
kawasan Makassar. Terutama penduduk pulau-pulau di kawasan
Spermonde mulai menspesialisasikan diri sebagai pencari teripang,
komoditi utama yang dicari para pedagang Cina, dengan menjelajahi
seluruh Kawasan Timur Nusantara untuk men¬carinya; bahkan,
sejak pertengahan abad ke-18 para
nelayan-pelaut
Sulawesi secara rutin berlayar hingga pantai utara Australia,
di mana mereka tiga sampai empat bulan lamanya membuka puluhan
lokasi pengolahan teripang. Sampai sekarang, hasil laut masih
merupakan salah satu mata pencaharian utama bagi penduduk
pulau-pulau dalam wilayah Kota Makassar.
Setetah Pemerintah Kolonial Hindia Belanda menggantikan
kompeni perdagangan VOC yang bangkrut pada akhir abad ke-18,
Makassar dihidupkan kembali dengan menjadikannya sebagai
pelabuhan bebas pada tahun 1846. Tahun-tahun berikutnya
menyaksikan kenaikan volume perdagangan yang pesat, dan kota
Makassar berkembang dari sebuah pelabuhan backwater menjadi
kembali suatu bandar internasional. |
Dengan semakin berputarnya roda perekonornian Makassar,
jumlah penduduknya meningkat dari sekitar 15.000 penduduk
pada pertengahan abad ke-19 menjadi kurang lebih 30.000 jiwa pada awal
abad berikutnya. Makassar abad ke-19 itu dijuluki "kota kecil
terindah di seluruh Hindia-Belanda" (Joseph Conrad, seorang
penulis Inggris-Potandia terkenal),dan menjadi salah satu port
of call utama bagi baik para pelaut-pedagang Eropa, India dan
Arab dalam pemburuan hasil-hasil hutan yang amat laku di
pasaran dunia maupun perahu-perahu pribumi yang beroperasi di
antara Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. |
|
Pada awal abad ke-20, Belanda akhirnya menaklukkan
daerah¬daerah independen di Sulawesi, Makassar dijadikan sebagai
pusat pemerintahan kolonial Indonesia Timur. Tiga-setengah
dasawarsa Neerlandica, kedamaian di bawah pemerintahan kolonial
itu adalah masa tanpa perang paling lama yang pernah dialami
Sulawesi Selatan, dan sebagai akibat ekonominya berkembang
dengan pesat. Penduduk Makassar dalam kurun waktu itu meningkat
sebanyak tiga kali lipat, dan wilayah kota diperluas ke semua
penjuru. Dideklarasikan sebagai Kota Madya pada tahun 1906,
Makassar tahun 1920-an adalah kota besar kedua di luar Jawa
yang membanggakan dirinya dengan sembilan perwakilan asing,
sederetan panjang toko di tengah kota yang menjual barang-barang
mutakhir dari seluruh dunia dan kehidupan sosial-budaya yang
dinamis dan kosmopolitan.
Perang
Dunia Kedua dan pendirian Republik Indo¬nesia sekali lagi
mengubah wajah Makassar. Hengkangnya sebagian besar warga
asingnya pada tahun 1949 dan nasionalisasi perusahaan-perusahaan
asing pada akhir tahun 1950-an menjadi¬kannya kembali sebuah
kota provinsi. Bahkan, sifat asli Makassar-pun semakin menghilang
dengan kedatangan warga baru dari daerah-daerah pedalaman
yang berusaha menyelamatkan diri dari kekacauan akibat berbagai
pergolakan pasca¬ revolusi. Antara tahun 1930-an sampai tahun
1961 jumlah penduduk meningkat dari kurang lebih 90.000 jiwa
menjadi hampir 400.000 orang, lebih daripada setengahnya pendatang
baru dari wilayah luar kota. Hal ini dicerminkan dalam
penggantian nama kota menjadi Ujung Pandang berdasarkan
julukan ”Jumpandang” yang selama berabad-abad lamanya menandai
Kota Makassar bagi orang pedalaman pada tahun 1971. Baru pada
tahun 1999 kota ini dinamakan kembali Makassar, tepatnya 13
Oktober berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 1999
Nama Ujung Pandang dikembalikan menjadi Kota Makassar dan
sesuai Undang-Undang Pemerintahan Daerah luas wilayah
bertambah kurang lebih 4 mil kearah laut 10.000 Ha, menjadi
27.577Ha
( Dari berbagai sumber )
Sejarah Terbentuknya Kerajaan Majapahit
Pada saat terjadi serangan Jayakatwang, Raden Wijaya bertugas menghadang
bagian utara, ternyata serangan yang lebih besar justru dilancarkan
dari selatan. Maka ketika Raden Wijaya kembali ke Istana, ia melihat
Istana Kerajaan Singasari hampir habis dilalap api dan mendengar
Kertanegara telah terbunuh bersama pembesar-pembesar lainnya. Akhirnya
ia melarikan diri bersama sisa-sisa tentaranya yang masih setia dan
dibantu penduduk desa Kugagu. Setelah merasa aman ia pergi ke Madura
meminta perlindungan dari Aryawiraraja. Berkat bantuannya ia berhasil
menduduki tahta, dengan menghadiahkan daerah tarik kepada Raden Wijaya
sebagai daerah kekuasaannya. Ketika tentara Mongol datang ke Jawa dengan
dipimpin Shih-Pi, Ike-Mise, dan Kau Hsing dengan tujuan menghukum
Kertanegara, maka Raden Wijaya memanfaatkan situasi itu untuk bekerja
sama menyerang Jayakatwang. Setelah Jayakatwang terbunuh, tentara Mongol
berpesta pora merayakan kemenanganya. Kesempatan itu pula dimanfaatkan
oleh Raden Wijaya untuk berbalik melawan tentara Mongol, sehingga
tentara Mongol terusir dari Jawa dan pulang ke negrinya. Maka tahun 1293
Raden Wijaya naik tahta dan bergelar Sri Kertajasa Jayawardhana.
Raja-raja Majapahit
Kertajasa Jawardhana (1293 – 1309)
Merupakan pendiri kerajaan Majapahit, pada masa pemerintahannya, Raden
Wijaya dibantu oleh mereka yang turut berjasa dalam merintis berdirinya
Kerajaan Majapahit, Aryawiraraja yang sangat besar jasanya diberi
kekuasaan atas sebelah Timur meliputi daerah Lumajang, Blambangan. Raden
Wijaya memerintah dengan sangat baik dan bijaksana. Susunan
pemerintahannya tidak berbeda dengan susunan pemerintahan Kerajaan
Singasari.
Raja Jayanegara (1309-1328)
Kala Gemet naik tahta menggantikan ayahnya dengan gelar Sri Jayanegara.
Pada Masa pemerintahannnya ditandai dengan pemberontakan-pemberontakan.
Misalnya pemberontakan Ranggalawe 1231 saka, pemberontakan Lembu Sora
1233 saka, pemberontakan Juru Demung 1235 saka, pemberontakan Gajah Biru
1236 saka, Pemberontakan Nambi, Lasem, Semi, Kuti dengan peristiwa
Bandaderga. Pemberontakan Kuti adalah pemberontakan yang berbahaya,
hampir meruntuhkan Kerajaan Majapahit. Namun semua itu dapat diatasi.
Raja Jayanegara dibunuh oleh tabibnya sendiri yang bernama Tanca. Tanca
akhirnya dibunuh pula oleh Gajah Mada.
Tribuwana Tunggadewi (1328 – 1350)
Raja Jayanegara meninggal tanpa meninggalkan seorang putrapun, oleh
karena itu yang seharusnya menjadi raja adalah Gayatri, tetapi karena ia
telah menjadi seorang Bhiksu maka digantikan oleh putrinya Bhre
Kahuripan dengan gelar Tribuwana Tunggadewi, yang dibantu oleh suaminya
yang bernama Kartawardhana. Pada tahun 1331 timbul pemberontakan yang
dilakukan oleh daerah Sadeng dan Keta (Besuki). Pemberontakan ini
berhasil ditumpas oleh Gajah Mada yang pada saat itu menjabat Patih
Daha. Atas jasanya ini Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih Kerajaan
Majapahit menggantikan Pu Naga. Gajah Mada kemudian berusaha menunjukkan
kesetiaannya, ia bercita-cita menyatukan wilayah Nusantara yang dibantu
oleh Mpu Nala dan Adityawarman. Pada tahun 1339, Gajah Mada bersumpah
tidak makan Palapa sebelum wilayah Nusantara bersatu. Sumpahnya itu
dikenal dengan Sumpah Palapa, adapun isi dari amukti palapa adalah
sebagai berikut :”Lamun luwas kalah nusantara isum amakti palapa, lamun
kalah ring Gurun, ring Seram, ring Sunda, ring Palembang, ring Tumasik,
samana sun amukti palapa”. Kemudian Gajah Mada melakukan
penaklukan-penaklukan.
Hayam Wuruk
Hayam Wuruk naik tahta pada usia yang sangat muda yaitu 16 tahun dan
bergelar Rajasanegara. Di masa pemerintahan Hayam Wuruk yang didampingi
oleh Mahapatih Gajah Mada, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab
Negerakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan pada masa
pemerintahan Hayam Wuruk, hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia
yang sekarang, bahkan pengaruh kerajaan Majapahit sampai ke
negara-negara tettangga. Satu-satunya daerah yang tidak tunduk kepada
kekuasaaan Majapahit adalah kerajaan Sunda yang saat itu dibawah
kekuasaan Sri baduga Maharaja. Hayam Wuruk bermaksud mengambil putri
Sunda untuk dijadikan permaisurinya. Setelah putri Sunda (Diah Pitaloka)
serta ayahnya Sri Baduga Maharaja bersama para pembesar Sunda berada di
Bubat, Gajah Mada melakukan tipu muslihat, Gajah Mada tidak mau
perkawinan Hayam Wuruk dengan putri Sunda dilangsungkan begitu saja. Ia
menghendaki agar putri Sunda dipersembahkan kepada Majapahit (sebagai
upeti). Maka terjadilah perselisihan paham dan akhirnya terjadinya
perang Bubat. Banyak korban dikedua belah pihak, Sri Baduga gugur, putri
Sunda bunuh diri.
Tahun 1364 Gajah Mada meninggal,
Kerajaan Majapahit kehilangan seorang mahapatih yang tak ada duanya.
Untuk memilih penggantinya bukan suatu pekerjaan yang mudah. Dewan
Saptaprabu yang sudah beberapa kali mengadakan sidang untuk memilih
pengganti Gajah Mada akhirnya memutuskan bahwa Patih Hamungkubhumi Gajah
Mada tidak akan diganti “untuk mengisi kekosongan dalam pelaksanaan
pemerintahan diangkat Mpu Tandi sebagais Wridhamantri, Mpu Nala sebagai
menteri Amancanegara dan patih dami sebagai Yuamentri. Raja Hayam Wuruk
meninggal pada tahun 1389.
Wikramawardhana
Putri mahkota Kusumawardhani yang naik tahta menggantikan ayahnya
bersuamikan Wikramawardhana. Dalam prakteknya Wikramawardhanalah yang
menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan Bhre Wirabhumi anak Hayam Wuruk
dari selir, karena Bhre Wirabhumi (Putri Hayam Wuruk) dari selir maka
ia tidak berhak menduduki tahta kerajaan walaupun demikian ia masih
diberi kekuasaan untuk memerintah di Bagian Timur Majapahit , yaitu
daerah Blambangan. Perebutan kekuasaan antara Wikramawardhana dengan
Bhre Wirabhumi disebut perang Paregreg.
Wikramawardhana meninggal tahun 1429,
pemerintahan raja-raja berikutnya berturut-turut adalah Suhita,
Kertawijaya, Rajasa Wardhana, Purwawisesa dan Brawijaya V, yang tidak
luput ditandai perebutan kekuasaan.
Sumber Sejarah
Sumber sejarah mengenai berdiri dan berkembangnya kerajaan Majapahit berasal dari berbagai sumber yakni :
Prasasti Butok (1244 tahun). Prasasti ini dikeluarkan oleh Raden
Wijaya setelah ia berhasil naik tahta kerajaan. Prasasti ini memuat
peristiwa keruntuhan kerajaan Singasari dan perjuangan Raden Wijaya
untuk mendirikan kerajaan
Kidung Harsawijaya dan Kidung Panji Wijayakrama, kedua kidung ini
menceritakan Raden Wijaya ketika menghadapi musuh dari kediri dan
tahun-tahun awal perkembangan Majapahit
Kitab Pararaton, menceritakan tentang pemerintahan raja-raja Singasari dan Majapahit
Kitab Negarakertagama, menceritakan tentang perjalanan Rajam Hayam Wuruk ke Jawa Timur.
Kehidupan Politk
Majapahit selalu menjalankan politik bertetangga yang baik dengan
kerajaan asing, seperti Kerajaan Cina, Ayodya (Siam), Champa dan
Kamboja. Hal itu terbukti sekitar tahun 1370 – 1381, Majapahit telah
beberapa kali mengirim utusan persahabatan ke Cina. Hal itu diketahui
dari berita kronik Cina dari Dinasti Ming.
Raja kerajaan Majapahit sebagai
negarawan ulung juga sebagai politikus-politikus yang handal. Hal ini
dibuktikan oleh Raden Wiajaya, Hayam Wuruk, dan Maha Patih Gajahmada
dalam usahanya mewujudkan kerajaan besar, tangguh dan berwibawa.
Struktur pemerintahan di pusat pemerintahan Majapahit :
1. Raja
2. Yuaraja atau Kumaraja (Raja Muda)
3. Rakryan Mahamantri Katrini
a. Mahamantri i-hino
b. Mahamantri i –hulu
c. Mahamantri i-sirikan
4. Rakryan Mahamantri ri Pakirakiran
a. Rakryan Mahapatih (Panglima/Hamangkubhumi)
b. Rakryan Tumenggung (panglima Kerajaan)
c. Rakryan Demung (Pengatur Rumah Tangga Kerajaan)
d. Rakryan Kemuruhan (Penghubung dan tugas-tugas protokoler) dan
e. Rakryan Rangga (Pembantu Panglima)
5. Dharmadyaka yang diduduki oleh 2
orang, masing-masing dharmadyaka dibantu oleh sejumlah pejabat keagamaan
yang disebut Upapat. Pada masa hayam Wuruk ada 7 Upapati.
Selain pejabat-pejabat yang telah
disebutkan dibawah raja ada sejumlah raja daerah (paduka bharata) yang
masing-masing memerintah suatu daerah. Disamping raja-raja daerah
adapula pejabat-pejabat sipil maupun militer. Dari susunan
pemerintahannya kita dapat melihat bahwa sistem pemerintahan dan
kehidupan politik kerjaan Majapahit sudah sangat teratur.
Kehidupan Sosial Ekonomi dan Kebudayaan
Hubungan persahabatan yang dijalin dengan negara tentangga itu sangat
mendukung dalam bidang perekonomian (pelayaran dan perdagangan). Wilayah
kerajaan Majapahit terdiri atas pulau dan daerah kepulauan yang
menghasilkan berbagai sumber barang dagangan.
Barang dagangan yang dipasarkan antara
lain beras, lada, gading, timah, besi, intan, ikan, cengkeh, pala, kapas
dan kayu cendana.
Dalam dunia perdagangan, kerajaan Majapahit memegang dua peranan yang sangat penting.
Sebagai kerajaan Produsen – Majapahit mempunyai wilayah yang sangat luas
dengan kondisi tanah yang sangat subur. Dengan daerah subur itu maka
kerajaan Majapahit merupakan produsen barang dagangan.
Sebagai Kerajaan Perantara – Kerajaan
Majapahit membawa hasil bumi dari daerah yang satu ke daerah yang
lainnya. Keadaan masyarakat yang teratur mendukung terciptanya
karya-karya budaya yang bermutu. bukti-bukti perkembangan kebudayaan di
kerajaan Majapahit dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan
berikut ini :
Candi : Antara lain candi Penataran (Blitar), Candi Tegalwangi dan candi Tikus (Trowulan).
Sastra : Hasil sastra zaman Majapahit dapat kita bedakan menjadi
Sastra Zaman Majapahit Awal
- Kitab Negarakertagama, karangan Mpu Prapanca
- Kitab Sutasoma, karangan Mpu Tantular
- Kitab Arjunawiwaha, karangan Mpu Tantular
- Kitab Kunjarakarna
- Kitab Parhayajna
Sastra Zaman Majapahit Akhir
- Hasil sastra zaman Majapahit akhir ditulis dalam bahasa Jawa Tengah,
diantaranya ada yang ditulis dalam bentuk tembang (kidung) dan yang
ditulis dalam bentuk gancaran (prosa). Hasil sastra terpenting antara
lain :
- Kitab Prapanca, isinya menceritakan raja-raja Singasari dan Majapahit
- Kitab Sundayana, isinya tentang peristiwa Bubat
- Kitab Sarandaka, isinya tentang pemberontakan sora
- Kitab Ranggalawe, isinya tentang pemberontakan Ranggalawe
- Panjiwijayakrama, isinya menguraikan riwayat Raden Wijaya sampai menjadi raja
- Kitab Usana Jawa, isinya tentang penaklukan Pulau Bali oleh Gajah
Mada dan Aryadamar, pemindahan Keraton Majapahit ke Gelgel dan
penumpasan raja raksasa bernama Maya Denawa.
- Kitab Usana Bali, isinya tentanng kekacauan di Pulau Bali.
Selain kitab-kitab tersebut masih ada lagi kitab sastra yang penting
pada zaman Majapahit akhir seperti Kitab Paman Cangah, Tantu Pagelaran,
Calon Arang, Korawasrama, Babhulisah, Tantri Kamandaka dan Pancatantra.
( dari berbagai sumber ) |
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar